Tujuan dan Motivasi Perjalanan Wisata

MAKALAH 
MANAJEMEN USAHA PERJALANAN WISATA
“TUJUAN DAN MOTIVASI PERJALANAN WISATA”



 







OLEH KELOMPOK I :
1) APOLINARIS BENGU
2) BERKHMANS NONO FONO
3) CHRISTOVORUS GERARDUS
4) DANIEL FERNANDES FAH



POLITEKNIK NEGERI KUPANG
JURUSAN PARIWISATA
PRODI USAHA PERJAANAN WISATA
2019



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kami mampu menyelesaikan makalah kami dengan judul “Tujuan dan Motivasi Perjalanan Wisata” tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Makalah ini berhasil tersusun berkat kerjasama dalam kelompok yang sangat baik, dan berkat bantuan dari pihak-pihak lain yang senantiasa membantu kami. Makalah ini kami buat untuk memberikan wawasan tambahan kepada parapembaca tentang tujuan dan motivasi orang melakukan perjalanan wisata.
Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada dosen bidang studi Manajemen Usaha Perjalanan Wisata yang telah memberikan arahan kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.Kami ucapkan pula terimakasih sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi meluangkan waktunya untuk sekedar membantu kami. Dan ucapan terima kasih kami untuk semua yang tak bisa kami sebutkan satu per satu.
Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan maupun mungkin kesalahan dalam penyusunan makalah ini sehingga kami mengharapkan kritikdan saran yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang akan dating dari seluruh pembaca.
Akhir kata, kami berharap dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan para mahasiswa/mahasiswi jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang. Penyusun mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penyusunan makalah ini.


Kupang, 05 Oktober 2019



Penulis






DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I     PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 2
C. Tujuan Penulisan 2
D. Manfaat Penulisan 2
BAB II  PEMBAHASAN 3
A. Tujuan Perjalanan Wisata 3
B. Motivasi Perjalanan Wisata 5
BAB III PENUTUP 7
A. Kesimpulan 7
DAFTAR PUSTAKA 8

















BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Kegiatan pariwisata sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita mulai dari orang kota sampai orang desa. Walaupun nampaknya terkesan “ malu-malu” antara menerima dan menolak, antara setuju dan tidak menyetujui atas kehadiran kepariwisataan, namun turis telah hadir di tengah-tengah masyarakat, suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Pandangan yang setuju dengan kehadiran pariwisata pasti melihat banyak keuntungan dari kegiatan pariwisata, sedangkan yang tidak setuju tentulah melihat pariwisata membawa dampak negatif .
Pariwisata telah menjadi salah satu industri di dunia, dan merupakan andalan utama dalam menghasilkan devisa di berbagai negara. Dengan pentingnya peranan pariwisata dalam pembangunan ekonomi diberbagai negara, pariwisata sering disebut sebagai passport of development, kind of sugar, tool for regional development,invisible export, non-polluting industry, dan sebagainya (Pitana,2002:13).
Pada dasawarsa sekarang semakin banyak manusia berkeinginan untuk melaksanakan perjalanan dari tenpat tinggalnya ke daerah lain. Dahulu faktor agama yang mendominasi orang untuk melakukan perjalanan jauh dengan berhari-hari dan bahkan berbulan-bulan meninggalkan kampungnya, untuk mengikuti acara Olympus, ziarah ke Roma, Yerussalem, dan Mekkah. Kemudian ada juga yang disebabkan motivasi berdagang, tugas diplomatik. Namun sekarang ini berbagai motivasi yang menyebabkan orang melakukan perjalanan jauh atau berwisata. Sekarang tujuan orang berwisata untuk mencari kesenangan, kenikmatan, kepuasan, dan hal-hal lain yang erat kaitannya dengan psikis.
Menurut Wahab (1997;59) ada puluhan yang melatar belakangi kepergian seorang wisatawan yakni untuk bisnis, menghadiri konvensi, alasan-alasan keagamaan, kesehatan, olahraga, hobi, budaya, pendidikan, dan kesenangan yang meliputi berlibur, rileks, perubahan lingkungan dan udara.
Pariwisata menurut Warta Demografi dalam Oka (1993:2) adalah sebagian dari mobilitas penduduk dunia, yaitu perjalan dari suatu tempat ke tempat lain bersifat sementara, dilakukan perorangan atau kelompok sebagai usaha mencari keseimbangan dan kebahagian dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam, dan ilmu. Pariwisata merupakan salah satu kegiatan manusia yang cukup penting. Hal ini dikarenakan tujuan khusus dari masing-masing jenis wisata bermaksud membuat suatu perasaan senang dan puas dari orang yang menjalani dan cenderung berbeda dari rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Sektor ini semakin diperhitungkan karena permintaanya semakin melonjak terutama pada era globalisasi seperti saat sekarang ini. Selain itu menambah devisa negara dan membuka lapangan pekerjaan terutama bagi masyarakat sekitarnya.
Begitu juga dengan Indonesia, peranan pariwisata semakin terasa, terutama setelah melemahnya peranan minyak dan gas, walaupun nilai nominalnya dalam dollar sedikit mengalami fluktuasi. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) menunjukkan tren naik dalam beberapa dasawarsa. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama dari berbagai pihak baik pusat maupun daerah.
Sektor kepariwisataan selain mampu menyumbangkan devisa negara juga mampu menumbuhkan optimisme baru bagi pemerintah maupun swasta untuk mendatangkan income yang cukup besar sebagai industri non migas untuk negara kita (Fakhrudin, Suara Muhammadiyah: 1988. dikutip dalam Ermi Ranti tahun 1996).
Motivasi merupakan hal yang sangat mendasar dalam studi tentang wisatawan dan pariwisata, karena motivasi merupakan trigger dari proses perjalanan wisata, walaupun motivasi ini sering tidak disadari oleh wisatawan itu sendiri (Sharpley, dalam Wahab, 1997). Analisis mengenai motivasi semakin penting kalau dikaitkan dengan pariwisata sebagai fenomena masyarakat modern, dimana prilaku masyarakat dipengaruhi oleh berbagai motivasi yang terjalin secara sangat kompleks, bukan hanya untuk survival sebagaimana motivasi perjalanan masyarakat sederhana.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka yang menjadi rumusan masalah adalah “Apa Tujuan dan Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata?”
C. TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan permasalahan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengidentifikasi tujuan orang melakukan perjalanan wisata
2. Untuk mendeskripsikan motivasi orang melakukan perjalanan wisata
3. Untuk mendapatkan nilai tugas mata kuliah Manajemen Perjalanan Wisata
D. MANFAAT PENULISAN
1. Sebagai acuan bagi mahasiswa khususnya jurusan pariwisata agar dapat memahami tujuan dan motivasi orang melakukan perjalanan wisata
2. Sebagai acuan bagi penulisan makalah berikutnya
3. Sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Usaha Perjalanan Wisata

BAB II 
PEMBAHASAN

A. Tujuan Perjalanan Wisata
Banyak orang suka berwisata, yang mempunyai manfaat untuk menyegarkan pikiran setelah lelah bekerja dan bersekolah. Berwisata sering dilakukan ketika mendapat libur kerja dan libur sekolah, Anda pasti suka berwisata bersama teman dan keluarga ketika masa libur tiba. Pasti ada hal yang memotivasi atau ada tujuan yang anda inginkan dari perjalanan wisata yang anda lakukan, dan setiap orang punya tujuan masing-masing ketika berwisata.
Beberapa pendapat mengenai tujuan perjalanan wisata yang dilakukan oleh individu atau kelompok ada beberapa tujuan, seperti pendapat dari H. A. Maslow dalam bukunya yang berjudul Motivation & Personality, berpendapat bahwa orang melakukan perjalanan karena alasan kebutuhan atau need, terbagi atas dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1. Physiological needs atau kebutuhan akan makanan, air dan udara.
2. The needs for security and safety atau kebutuhan keamanan dan keselamatan.
3. The survival needs atau kebutuhan akan keberadaannya, dicintai dan mencintai.
4. The self actualization atau realization needs atau kebutuhan pengakuan diri.
5. The needs to develop one’s own potential atau kebutuhan pengembangan potensi diri.
6. The need to create or building one’s own personality and character atau kebutuhan akan menciptakan, membangun kepribadian dan karakternya.
7. The need for change, divertissement, new scenery and experience atau kebutuhan akan perubahan, pelepasan, suasana, dan pengalaman baru.
Jhon A. Thomas dalam bukunya yang berjudul Asta Travel News, menyebutkan ada 18 motivasi seseorang yang melakukan perjalanan seperti:
a. Education and cultural motives yang terdiri dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1) Melihat bagaimana kehidupan masyarakat di Negara lain, seperti dimana ia tinggal, bekerja dan bermain.
2) Melihat tempat-tempat khusus yang ada disekitar.
3) Memperoleh pemahaman yang lebih baik pada suatu tempat yang pernah didengar.
4) Menghadiri suatu pertunjukan khusus.
b. Relaxation and pleasure, seperti:
1) Meninggalkan kegiatan atau pekerjaan rutin.
2) Memperoleh waktu yang terbaik.
3) Mencapai pengalaman-pengalaman yang mempunyai sifat romantic.
c. Ethnic 
1) Mengunjungi suatu tempat saudara-saudara kita hidup.
2) Mengunjungi suatu tempat kepergian dari saudara-saudara dan teman-teman.
d. Other
1) Berjemur.
2) Kesehatan.
3) Olahraga.
4) Ekonomi.
5) Petualangan.
6) Pengembangan diri.
7) Mengikuti arus.
8) Ikut serta dalam sejarah.
9) Motivasi sosial.
Tujuan berwisata lainnya yaitu sebagai berikut:
a) Wisata yang bertujuan untuk tujuan bersenang-senang atau wisata refreshing.
b) Wisata yang mempunyai tujuan dalam keagamaan atau wisata religi.
c) Wisata yang mempunyai tujuan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, discovery tourism, dan cultural tourism.
d) Wisata yang mempunyai tujuan untuk olah raga, seperti golf, hunting, fishing, berkuda, dan balapan.
e) Wisata yang bertujuan untuk kesehatan dan pengobatan atau health tourism.
f) Untuk tujuan bisnis atau pengembangan usaha dan meeting, incentive, convention & exhibition atau MICE.
g) Untuk tujuan minat khusus seperti menyelam, arung jeram, sky, dan fly.


B. Motivasi Perjalanan Wisata
Untuk umumnya seseorang yang melakukan perjalanan wisata bisa dimotivasi oleh beberapa hal, dari berbagai motivasi yang mendorong perjalanan, Mclntosh dan Murphy pernah mengatakan bahwa motivasi bisa dibagi menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut:
1. Physical or physiological motivation atau motivasi yang mempunyai sifat fisik atau fisiologis, contohnya seperti relaksasi, kesehatan, kenyamanan, berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, bersantai, dan yang berhubungan dengan sifat fisik lain.
2. Cultural motivation atau motivasi budaya, adalah keinginan untuk mengetahui budaya, adat, tradisi, dan kesenian di daerah lain. Hal itu juga termasuk ketertarikan dari berbagai objek peninggalan budaya atau bangunan yang bersejarah.
3. Social motivation atau interpersonal motivation atau motivasi yang mempunyai sifat sosial, seperti mengunjungi teman dan keluarga, menemui mitra kerja, melakukan hal yang dianggap mendatangkan gengsi, seperti nilai pretise, melakukan ziarah, dan melakukan pelarian dari situasi-situasi yang membosankan.
4. Fantasy motivation atau motivasi karena fantasi, merupakan adanya fantasi bahwa di daerah lain, seseorang akan mampu lepas dari rutinitas keseharian yang menjemukan, dan ego-enhancement yang memberi kepuasan psikologis. Hal seperti itu juga disebut dengan status and prestige motivation.
Motivasi perjalanan seseorang sering dipengaruhi oleh faktor internal wisatawan dan faktor eksternal. Motivasin adalah salah satu faktor penting untuk calon wisatawan dalam mengambil keputusan mengenai daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi, calon wisatawan akan mempunyai persepsi pada daerah tujuan wisata yang memungkinkan, dimana persepsi ini mampu dihasilkan oleh preferensi individual, pengalaman sebelumnya, dan informasi yang bisa didapatkan.
Ada motivasi yang kuat dari seseorang ketika melakukan perjalanan wisata, bagi seorang wisatawan, perjalanan tersebut memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:
1. Perjalanan wisata adalah wahana penyegaran dan regenerasi fisik dan mental.
2. Perjalanan wisata berkaitan dengan kompensasi terhadap berbagai hal yang melelahkan, dan hal itu juga berfungsi sebagai wahana integrasi sosial bagi mereka yang di rumahnya merasa terkena teralienasi.
3. Perjalanan wisata mempunyai manfaat dalam pelarian dari situasi keseharian yang penuh dengan ketegangan, rutinitas yang menjemukan dan berbagai macam kejenuhan-kejenuhan karena beban dari pekerjaan yang berat.
4. Perjalanan wisata merupakan mekanisme bagi seseorang agar bisa mengeluarkan perasaannya, melalui komunikasi dengan orang lain termasuk dengan masyarakat lokal yang ada di daerah tujuan wisata.
5. Perjalanan wisata adalah salah satu wahana yang berfungsi untuk mengembangkan wawasan pariwisata.
6. Perjalanan wisata adalah wahana yang mempunyai fungsi untuk mendapatkan kebebasan.
7. Perjalanan wisata adalah wahana yang bisa digunakan untuk realisasi diri.
8. Perjalanan wisata adalah sesuatu yang menyenangkan, dan bisa membuat hidup lebih bahagia.
Sedangkan Pacific Association Of Travel Agent ( PATA) menyatakan alasan orang melakukan perjalanan antara lain :
Keramahtamahan penduduk (Warm and Friendly People)
Penginapan yang menyenangkan (Comfortable Accomodation)
Keindahan alam (Beautiful Natural Scenery)
Harga yang memuaskan (Reasonable Prices)
Adat istiadat dan pandangan hidup yang menarik (An Attractive Customer and Way Of  Live)
Cuaca yang baik (Good Climate)
Keindahan kreasi manusia (Beautiful Creation Of Man)
Makanan yang menarik (Outstanding Food)
Pembelanjaan yang menarik (Good Shopping)
Lingkungan yang istimewa (Exotic Environment)
Ikatan sejarah atau keluarga (Historical Of Family Ties)
Aktivitas rekreasi yang luar biasa (Exeptional Recreational Activities)



BAB III
PENUTUP


A. KESIMPULAN
Berdasarakan penulisan yang telah dilakukan diatas dapat disimpulkan bahwa setiap wisatawan yang melakukan perjalanan wisata mempunyai tujuan dan motivasi yang berbeda – beda. Perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan bukan hanya karena dorongan dari luar, akan tetapi berasal dari motivasi yang timbul dalam dirinya untuk melakukan perjalanan tersebut. Motivasi ini berasal dari dalam diri seseorang yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan dengan mengharapkan tercapainya suatu tujuan, dan tingkah laku yang datang dengan sendirinya atau kesadaran sendiri. Diantaranya adalah hobi yang ada pada diri wisatawan itu sendiri dan dengan adanya dorongan dari finansial yang mencukupi oleh wisatawan itu. 
Adapula wisatawan yang melakukan perjalanan dikarenakan ada yang mempengaruhinya atau dirangsang dari luar diri yang berguna untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya kekhasan suatu daerah karena keindahan alamnya, makanan khas, budaya yang unik, biaya perjalanan murah dan lain-lain. Pengaruh yang timbul dari luar didapatkan dari media masa, media sosial maupun mendengar cerita orang lain. Tujuan perjalanan yang dilakukan seorang wisatawan pada dasarnya adalah untuk menyenangkan diri.
















DAFTAR PUSTAKA





Komentar